Siswa SMA Kelas 12 Se-Jawa Timur Ikuti EHB BKS.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Selama satu minggu ini, siswa kelas 12 sekolah menengah atas (SMA) baik negeri maupun swasta ikuti Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB BKS) yang diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai pemetaan mutu siswa maupun sekolah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim wiliyah Bojonegoro Tuban, Adi Prayitno, menjelaskan bahwa pelaksanaan EHB BKS dilaksanakan serentak di Jawa Timur bertujuan untuk memetakan siswa SMA se-Jatim dan sebagai sarana pengganti try out dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“EHB BKS ini ujian yang memang bersifat bukan sebagai penentu kelulusan mereka,”jelasnya.

Pelaksanaan EHB BKS di Bojonegoro sendiri dilakukan secara serentak pada tanggal 22 hingga 27 Maret 2021 di sekolah masing masing dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Pelaksanaanya dilakukan di sekolah masing-masing, agar pihak sekolah juga tau, sejauh mana tingkat kesiapan siswanya untuk masuk perguruan tinggi,” ungkap Adi.

Sedangkan untuk naskah soalnya merupakan soal-soal yang berstandart UTBK, yaitu soal kelas 10,11, dan 12 yang disusun oleh tim dari pemerintah Jawa Timur. Sementara, Menerapkan protokol kesehatan, Adi berimbuh bahwa pelaksanaan EHB BKS dilakukan secara bergantian jam agat menghindari kerumunan.

“Karena ini dilakukan di sekolah masing-masing, jadi siswa dan pihak sekolah harus benar-benar mematuhi prokes. Serta memberi batasan siswa agar tidak menimbulkan kerumunan di sekolah,” imbuhnya. (Mil/Red)

See also FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Di Tutup Dinas Pendidikan Apresiasi Semua Pihak.

Comment