Komunitas BTC, Sulap Pelepah Pisang Jadi Kerajinan Bernilai Jual Tinggi.

BOJONEGORO – Pelapah pisang identik dengan barang yang tidak berguna. Namun, di tangan Maisir, warga Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, pelepah pisang bisa dirubah menjadi kerajinan bernilai jual tinggi.

Untuk memberdayakan warga sekitar, Maisir juga membentuk komunitas Balen Team Creative (BTC). Rumah singgah tim BTC ini bisa ditemui di Jalan raya PUK Balen, Balenrejo, Kecamatan Balen.  Meski demikian, perajin dari tim BTC ini berasal dari berbagai Desa. Mulai dari anak muda hingga Ibu rumah tangga.

Tas Cantik dari Pelepah Pisang

“Rasanya bahagia bisa membantu masyarakat sekitar, dengan mengubah pelepah pisang menjadi berbagai macam kerajinan. Sehingga bisa membantu perekonomian warga,” kata pria murah senyum ini.

Dijelaskan, hasil kerajinan pelepah pisang ini juga beraneka ragam. Ada lukisan siluet, figura, asbak, tempat tidur, tempat wadah air, gantungan kunci, songkok dan berbagi kerajinan lainnya. Harga kerajinan ini dibandrol mulai Rp. 5000 untuk gantungan kunci.

“Sedangkan untuk kerajinan lukisan siluet bisa mencapai jutaan, tergantung ukuran dan bentuk lukisan,” tambahnya.

Topi Cantik Dari Pelepah Pisang

Masih kata Maisir, jika pemasaran kerajinan pelepah pisang ini melalui media sosial. Mulai dari facebook, Instagram dan bantuan orang terdekat. Bahkan, ia pernah memperoleh penghargaan dari pemerintah kebupaten (PemKab) atas produksi kerajinan pelepah pisang.

“Pandami covid 19 ini, juga sangat mempengaruhi promosi maupun penjualan,” keluhnya.

Salah satu perajin kerajinan pelepah pisang asal desa Mayangkawis, Ahmad, mengungkapkan, jika ia bangga bisa berlatih membuat kerajinan dari pelepah pisang.

“Dulu waktu pertama kali buat, butuh kesabaran dan ketlatenan dalam menyusun per item. Masyarakat juga mengapresiasi atas kerajinan yang saya buat beserta tim BTC lainnya,” katanya.

(Amina/Dwi/Red)

Comment