Intensitas Hujan Tinggi, Banjir Luapan Terjang Kecamatan Malo.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Masyarakat di Bojonegoro terus di himbau untuk tetap waspada terhadap terjadinya hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan bencana alam dibeberapa wilayah. Kali ini banjir lupan terjadi di desa Semlaran, Kecamatan Malo, kabupaten Bojonegoro sore ini Sabtu, 06/03/2021.

Eko Susanto, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, mengungkapkan bencana banjir luapan di desa Semlaran terjadi pada pukul 15.00 WIB yang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Malo, sehingga mengakibatkan luapan air mengalir dari atas pegunungan ke wilayah Desa Semlaran.

“Air dari atas peginingan meluap ke wilayah desa Semlaran, “ungkapnya.

Dampak dari kejadian tersebut 5 teras depan rumah tergenang, selain itu air juga menggenangi 1 musholla, Pekarangan rumah, Jalan poros desa hingga kecamatan sepanjang -+ 200 Meter dengan ata-rata ketinggian air 5-10 sentimeter.

Hingga saat ini air sudah surut dan sudah tidak ada rumah yang tergenang, hanya saja di jalan poros desa hingga kecamatan dan pekarangan rumah warga yang masih menyisakan genangan air.

“Tim BPBD sudah berkoordinasi dengan Perangkat Desa dan Kecamatan,”jelasnya.

Pihaknya juga menambahkan dari BPBD tidak bosannya untuk menghimbau kepada seluruh masyarakat Bojonegoro agar selalu waspada terhadap dampak dari bencana hidromitrologi (banjir,longsor,angin dan petir) akibat dari hujan yangg cukup lebat lebih dari 2 jam terutama untuk wilayah Bojonegoro bagian Selatan seperti Kecamatan Sekar. Gondang, Temayang, Bubulan, Balen, Sukosewu.

“Untukk itu masyarakat harus berupaya selalu memantau keadaan di lingkungannya dan berkoordinasi dengan para pengiat kebencanaan, dan bagi masyarakat yang diluar rumah hindari berteduh dibawa pohon, baliho, tiang listrik juga saluran air,”imbuhnya.

Eko juga mengingatkan untuk selamatkan atau menyimpan dukumen-dokumen berharga ditempat yang aman dan upayakan dirumah saja bila memungkinkan.

Baca Juga : https://wartaku.id/peristiwa/puluhan-rumah-di-dua-desa-kecamatan-malo-tergenang-banjir/

“Terakhir pakai masker jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun disamping berdo’a,”pungkasnya. (Mil/Red)

Comment