by

PPDB Tahap Ke-3, SMK Terapkan Jalur Zonasi.

BOJONEGORO, Wartaku.id – Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyediakan lima jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi calon siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Jika sebelumnya jalur zonasi hanya di terapkan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), kali ini pemprov Jatim juga menerapkan jalur zonasi bagi calon peserta didik SMK. Sehingga PPDB bagi calon siswa SMK menjadi lima jalur, diantaranya jalur Afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, prestasi hasil lomba, prestasi nilai akademik dan jalur zonasi.

“Perbedaannya kalau sekarang ada tambahan jalur zonasi, “ungkap Lena, Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro-Tuban.

Meskipun begitu, jalur zonasi SMK tidak menjadi jalur prioritas dan hanya memiliki regulasi sebesar 10%. Hal tersebut disebabkan beberapa sekolah SMK di kecamatan belum menyediakan jurusan yang sesuai dengan minat calon peserta didik.

“Prioritas jalur PPDB SMK masih prestasi nilai akademik dengan regulasi sebesar 65%, karena memang tidak semua sekolah di kecamatan terdapat jurusan yang sesuai minat peserta didik, “jelasnya.

Sementara itu, untuk jadwal PPDB jalur zonasi bagi SMK di buka mulai pada tanggal 24 Mei hingga 25 Mei 2021, selanjutnya hasil akan di umumkan pada 26 Mei 2021 dan peserta dapat melakukan proses konfirmasi di terima dari tanggal 26 Mei hingga 27 Mei 2021.

“Sesuai jadwal pendaftaran dengan jalur zonasi hanya berlangsung 2 hari saja, “Imbuhnya.

Selain itu, siswa yang sudah terlanjur memilih pin dan digunakan untuk daftar di SMA namun belum diterima, siswa tersebut bisa menggunakan pinnya untuk mendaftar di SMK, begitupun berlaku pada sebaliknya.

“Selama peserta belum diterima di sekolah manapun, pin dapat digunakan untuk daftar lagi. Ini yang membedakan dari tahun sebelumnya, “tuturnya. (Mil/Red)

Baca Juga :

Comment

Artikel