Memanfaatkan Akses Internet Desa, Seorang Mahasiswi Ikuti Kuliah Online.

BOJONEGORO – Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan semua aktivitas di rumahkan, termasuk proses belajar bagi sekolah dan perkuliahan bagi mahasiswa. Hal tersebut menyusul Pandemi Covid-19 yang mulai merebak ke sejumlah daerah di Inidonesia. Karenanya, aktivitas baik perkantoran maupun proses belajar dilakukan di rumah masing-masing.

Untuk tetap melakukan aktivitas perkuliahan, sejumlah kampus berinisiatif melaksanakan kuliah jarak jauh dengan sistem online. Meski demikian belajar dari rumah secara online tidak semudah yang dialami sejumlah mahasiswa, khusunya mereka yang tinggal di daerah yang belum dijangkau sepenuhnya jaringan internet. Demikian menjadi kendala di Kabupaten Bojonegoro Kecamatan Sukosewu.

Widya , seorang mahasiswi Jurusan Pertanian Semester 6 dari Universitas Pembangunan Veteran Nasional (UPN) Surabaya ini harus pulang pergi ke Balai Desa untuk mencari wifi agar bisa mengikuti kuliah online dari dosen. Menurut Widya, sudah hampir satu bulan ini ia diliburkan dari kampus namun proses belajar mengajar dilakukan secara online.

Sayangnya kata dia, di kampung halamanya di Desa Kalicilik, Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro jaringan internet kurang stabil. Demi bisa mengkuti proses perkuliahan dari dosen, ia harus rela pulang pergi ke balai desa yang tak jau dari rumannya. Meski demikian ia mengaku senang melakukan perkulihan online itu.

“Disini ada serunya bagi saya karena kita ketemu dengan teman yang dari kampus lain yang kuliah online disni,” ucap widya saat ditemui media ini, Jumat (8/5/2020) siang.

Kuliah online ini kata dia, ia lakukan hari senin sampai kamis, dan jumat praktikum. Ia berharap dengan metode mengkuti kuliah online dia tidak ketinggalan mata kuliah dari dosen. Anak pertama dari 2 bersaudara ini berharap agar Pandemi corona cepat berlalu, sehingga kembali bisa mengikuti kuliah dengan normal kembali.

See also  Bupati Bojonegoro Akan Siapkan 4000 Beasiswa Tugas Akhir Tahun Ini.

“Meskipun kami berada di Kampung namun syukur kami masih bisa melakukan kuliah online. Kita berharap dan selalu berdoa semoga pandemi virus Corona ini cepat berlalu agar kita semua bisa beraktivitas dengan normal kembali ,” harapnya (JN/Red).

Comment