Bojonegoro Siapkan 375 Beasiswa Scientis Dan Beasiswa 860 Sarjana Desa.

BOJONEGORO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, pada tahun 2020 ini memberikan program beasiswa scientis dan satu desa dua sarjana. Kuota yang disiapkan sebanyak 375 beasiswa untuk scientis, dan 860 orang untuk beasiswa satu desa dua sarjana.

Beasiswa prestasi pendidikan tinggi (scientis) ini diperuntukkan bagi warga Bojonegoro yang menempuh pendidikan pada Perguruan Tinggi Negeri dengan program studi scienties. Beasiswa Prestasi ini diberikan setiap semester dengan nilai sesuai dengan Uang Kuliah bagi masing-masing mahasiswa persemester. Beasiswa ini diberikan bila mana mahasiswa tetap bisa mempertahan nilai/lPK sasuai dangan syarat minimal yang telah ditentukan.

“tujuan program beasiswa berprestasi pendidikan tinggi ini untuk memotivasi mahasiswa Bojonegoro agar lebih terpacu mencapai prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Selain itu juga mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah karena kekurangan biaya pendidikan, selain itu untuk mewujudkan pemerataan suatu ilmu pengetahuan dan keterampilan dan memberikan penghargaan dan prestasi bagi mahasiswa”, jelas Plt Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, M. Kuzaini (11/3/2020).

Kriteria Calon Penerima Beasiswa Scientis adalah : Mahasiswa Strata 1 dan/atau Diploma 4 PTN yang dibuktikan dengan surat keterangan menjadi mahasiswa dan PTN yang bersangkutan dan merupakan mahasiswa murni bukan Granater. Penduduk Bojonegoro yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Pcnduduk dan Kartu Keluarga yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil minimal 6 bulan sebelum pengajuan oleh calon penerima beasiswa.

Mahasiswa berprestasi yang dibuktikan dengan memenuhi satu atau lebih ketentuan berikut : Mahasiswa yang memiliki lndeks prestasi semester di atas 3,00 sejak semester 1. Juara 1 (satu) sampai 3 (tiga) kejuaraan akademik tingkat Provinsi, Nasional dan International dalam bidangnya. Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain baik dari Pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintnh kabupaten, Badan Usaha milik Negara dan/atau pihak swasta yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai serta diketahui oleh Perguruan Tinggi. Menandatangani surat perjanjian bemeterai bahwa peserta didik/mahasiswa bersedia berpartisipasi aktif untuk memajukan daerah sesuai keilmuannya.

Penerima beasiswa Scientis adalah Fakultas : Teknik, Kedokteran, Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Fakultas Keperawatan, Kebidanan, Ilmu Kesehatan Masyarakat Prodi Gizi. Selain itu bagi orang tua pemilik Kartu Petani Mandiri juga bisa sebagai bahan pertimbangan. (Ar/Red)

Comment