Bupati Bojonegoro Potong Tumpeng di HUT Damkar Ke-102.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Peringatan hari ulang tahun (HUT) dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkar) yang digelar oleh Kementrian Dalam Negeri secara virtual, di ikuti Bupati Bojonegoro di pendopo Malowopati pada hari ini Senin, 01/03/2021.

Dengan menyongsong tema “Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Profesional, Mandiri Dan Melayani Dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru”, peringatan digelar secara sederhana dan diikuti petugas Damkar dengan semangat.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awannah, menyampaikan kegiatan dinas pemadam kebakaran sangat masif, termasuk juga dalam kebencanaan dan berpesan sebelum tim damkar turun untuk memberikan pertolongan/evakuasi perlu meyakinkan diri bahwa dalam kondisi tetap aman.

“Kita pastikan bahwa diri kita fit dulu, yg penting kita tidak boleh lengah, tidak boleh lalai, kita harus cepat dan tepat serta tidak ada masalah saat memberikan pertolongan,” ungkapnya.

Bupati Anna juga menyampaikan, bahwa yang dihadapi oleh Dinas Damkar merupakan barang-barang berbahaya dan beresiko, sehingga telat sedikit dapat menimbukkan kerusakan yang besar, berbeda saat melaksanakan tugas administrasi hanya tipo pada software yang bisa di delete.

“Apabila kita terlambat satu menit saja bisa memberikan dampak luar biasa,” jelasnya.

Pihaknya juga menambahman kekompakan juga sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan atau bantuan, karena itu pihaknya minta sebelum melaksanakan tugas untuk membiasakan apel hingga duduk bersama dan menyatukan rasa.

“Kami minta beberapa menit sebelum memberikan pelayanan untuk membiasakan apel guna menyatukan rasa. Karena yang dihadapi adalah hal-hal yang berbahaya seperti listrik, api dan air,” jelas Bupati Anna.

Peran Dinas Damkar juga harus memberi edukasi kepada diri sendiri juga mengedukasi kepada masyarakat terkait penyelamatan pertama berupa listrik atau stop kontak. Sehingga potensi kebakaran bisa kita cegah sejak dini.

“Berharap jangan ada korban terutama dari yang menolong terlebih dahulu dan juga yang ditolong,” ungkapnya.

Selanjutnya Bupati memotong tumpeng peringatan HUT Damkar dan menyampaikan ucapan kepada petugas yang hadir termasuk Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro, Ahmad Gunawan.

“Selamat ulang tahun, “pungkasnya. (Mil/Red)

Comment