by

Bunga Krisan Menjadi Potensi Unik di Bojonegoro.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Bojonegoro merupakan kota kecil dan strategis serta memiliki banyak potensi baik sektor pertanian maupun sektor kerajinan tangan dan UMKM (usaha mikro kecil menengah), salah satunya memiliki potensi bunga Krisan yang dapat digunakan untuk berbagai handycraft maupun teh herbal.

Hal tersebut disampaikan Bupati Anna Muawanah dalam acara Pelantikan Ketua dan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bojonegoro pada 07/06/2021 yang dalam sambutanya menyampaikan bahwa Bojonegoro memiliki potensi di sektor pertanian yang tinggi salah satunya adalah bunga Krisan.

“Kami ingin mengembangkan bunga Krisan yang bawasanya di kecamatan Sekar merupakan penghasil terbanyak di Bojonegoro, “ungkapnya.

Meskipun ada sedikit kekhawatiran terkait pengguna, maupun pembeli ternya bunga Krisan sendiri bisa diolah menjadi berbagai pengobatan herbal berupa teh.

“Bisa diolah menjadi daun-daun kering yang biasanya ada di hotel maupun gedung dan beraroma wangi karena sudah melalui proses, “jelasnya.

Sementara itu, Arumi Bachsin Emil Dardak juga menjelaskan bahwa bunga Krisan yang berada di Bojonegoro ini memiliki potensi yang cukup tinggi. Sedangkan, Produksi bunga Krisan terbesar itu ada di Jepang. Sehingga harapan kedepannya nanti, setelah dilantiknya pengurus Dekranasi Bojonegoro ini, bisa berjalan dengan mengangkat sektor bunga Krisan tersebut hingga bisa ekspor.

“Nanti kalau keunikan potensi dari bunga Krisan ini sudah berjalan dan sudah stabil, kita bisa ekspor ke negara-negara yang membutuhkan,” tuturnya. (Mil/Red)

Comment

Artikel