Merebak Penyakit Hepatitits Misterius, Disdik Imbau Sekolah Perketat Prokes.

BOJONEGORO, Wartaku.id – Beberapa waktu terakhir ramai dalam perbincangan masyarakat terkait ditemukanya kasus hepatitis akut misterius di Indonesia, yang menyerang pada anak balita hingga usia belasan tahun.

Dikutip dari CNN Indonesia, sebanyak 15 kasus hepatitis akut misterius ditemukan di Indonesia sejak akhir April 2022 lalu. Hingga saat ini, masih belum diketahui penyebabnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro, Suyanto mengimbau kepada seluruh sekolahan untuk perketat protokol kesehatan bagi anak didiknya.

“Sekarang merebak kasus hepatitis, yang kebanyakan menyerang anak-anak,” ungkapnya.

Meskipun di Kabupaten Bojonegoro belum ditemukan kasus tersebut, namun untuk mengantisipasi hal tersebut, Suyanto menekankan agar tetap menjaga kebersihan dan mencuci tangan dengan bersih.

“Karena virus mudah masuk ke dalam tubuh itu melalui tangan,” jelasnya.

Sedangkan setelah lebaran idul fitri 1443 H atau tahun ini, pelaksanaan pembelajaran sudah dilakukan dengan tatap muka 100 persen dan memasuki ajaran semester genap. Artinya peserta didik sebentar lagi akan melaksanakan ujian akhir semester atau PAT (Penilaian Akhir Tahun).

“Pembelajaran setelah lebaran ini sudah tatap muka dan sebentar lagi sudah memasuki ujian sekolah,” terangnya.

Sehingga, lanjutnya, sekolahan harus tetap menerapkan protokol kesehatan terutama menyediakan tempat mencuci tangan, karena kita ketahui meskipun sedikit reda, virus Covid-19 juga belum sepenuhnya hilang.

“Kami menghimbau kalau ada gejala yang mengarah ke hepatitis segera melaporkan biar segera kita tindak lanjuti,” tutupnya. (Mil/Red)

Comment