by

Muncul Ancaman Wabah PMK, Dinas Peternakan Bojonegoro Lock down Sapi Luar Daerah.

BOJONEGORO, Wartaku.id – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang pada hewan ternak terdeteksi di beberapa kabupaten di Jawa Timur. Adanya ancaman tersebut Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro lakukan Lock down atau melarang sapi dari luar daerah masuk ke Bojonegoro. (11/05/2022).

“Wabah ini belum masuk ke wilayah Bojonegoro, untuk sementara waktu kami berupaya agar sapi yang dari luar daerah atau yang terkena PMK tidak boleh masuk di Kabupaten Bojonegoro,” ungkap Sugiarti Rahayu, selaku Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Bojonegoro.

Antisipasi terjadinya PMK di Kabupaten Bojonegoro, pihaknya mulai melakukan terjun lapangan dengan menyisir beberapa pasar hewan, salah satunya di Kecamatan Sumberejo.

“Kami tidak menemukan penyakit pada hewan ternak sapi di Pasar Hewan Sumberrejo,” tuturnya.

Meskipin begitu, Rahayu menekankan agar mengantisipasi dengan melarang ternak terutama sapi dari luar daerah masuk ke Kabupaten Bojonegoro

“Intinya hewan ternak yang berasal dari daerah wabah tidak boleh keluar masuk,” jelasnya.

Sementara itu, di Kabupaten Bojonegoro terdapat 4 titik pasar hewan, dianyaranya adalah Pasar Hewan Sumberrejo, Pasar Hewan Balen, Pasar hewan Dander dan Pasar Hewan Baureno.

“Semuanya akan dijaga ketat oleh petugas,” kata Sugiarti Rahayu.

Sebelumnya di laporkan bahwa PMK telah ditemukan pertama kali di Kabupaten Gresik, kemudian menyebar ke empat kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yaitu Lamongan, Sidoarjo dan Mojokerto. Bahkan penyakit menular ini telah menyerang ribuan ekor ternak sapi. (Mil/Red)

Comment

Artikel