by

Warisan Keterampilan Merajut, Hasilkan Jutaan Rupiah.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Merajut bukan kegiatan yang mudah dilakukan, butuh keterampilan tangan dan kesabaran sehingga dari benang dapat disulap menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Seperti halnya yang dilakukan Yunita Nur Khazanah, yang mendapatkan warisan berupa keterampilan merajut dari ibunya.

Sedari kecil melihat ibunya merajut, Yunita Nur Khazanah akhirnya mewarisi keterampilan merajut dari ibunya hingga mampu mendirikan usaha rajut yang diberi nama Griya Rajut Fizata di Puri Dander Asri Blok C No. 3.

“Jadi dari dulu ibu suka merajut, saya selalu ikut dan belajar,” ujarnya.

Pada tahun 2005 Yunita memutuskan untuk mulai menekuni usahanya tersebut hingga saat ini sudah menjajal berbagai jenis rajutan mulai dari yang sederhana hingga dengan model yang cukup rumit. Tidak hanya itu, Ia juga berhasil membuat berbagai bentuk rajut seperti tas, sepatu, baju, topi, taplak meja hingga sarung bantal, masker dan lainya.

“Yang terpenting bisa memahami dasarnya, untuk model dan lainya bisa dipelajari dengan melihat video youtube atau gambar, “jelasnya.

Modal awal Rp. 100.000,- , Ibu dua anak tersebut mampu menghasilkan hingga jutaan rupiah dari hasil penjualan keterampilanya tersebut yang di bandrol dari harga 5.000 hingga ratusan ribu. Menurutnya, penjualan yang paling banyak adalah melalui media sosial. Hal tersebut juga disebabkan karena adanya pandemi sehingga penjualan lebih diminati oleh pengguna media sosial.

“Untuk mengenalkan brand, biasanya saya kalau kemanapun selalu memakai hasil rajutan saya, misalnya tas atau masker jadi orang akan tau dan tertarik untuk memesan seperti yang saya kenakan, “tuturnya.

Tidak banyak orang yang mampu sabar dan tlaten untuk merajut membuat Yunita kesusahan dalam mencari karyawan dan hingga saat ini meskipun ada 3 orang karyawan, Ia mengaku masih kesulitan jika mendapat pesanan banyak.

“Butuh waktu untuk menyelesaikan satu pesanan, namun alhamdulillah pembeli bisa mengerti dan mau menunggu, “ujarnya. (Mil/Red)

Comment

Artikel