Kurmo Jowo, Kreasi Kurma Dari Buah Tomat.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Buah tomat mempunyai zat antioksida yang bagus untuk kulit ternyata dapat diolah menjadi kurma. Seperti halnya salah seorang warga desa Mojodeso Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro yang memproduksi manisan tomat menjadi Kurmo Jowo.

Endah Kusnandar merupakan ibu rumah tangga yang memproduksi kurmo jowo, Ia juga menyebutkan pesanan di bulan ramadhan ini semakin meningkat setelah satu tahun lamanya berhenti berproduksi disebabkan pandemi Covid-19 tahun lalu.

“Kemaren waktu pandemi tidak produksi sama sekali, kali ini produksi lagi tapi tidak banyak hanya untuk stok saja,”Ungkapnya.

Endah mengaku dalam sekali produksi, Ia membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu, mulai dari melubangi tomat, merendam tomat dengan air kapur sirih selama satu hari satu malam, kemudian merebus tomat dengan gula pasir selama 3-4 jam dengan air kecil dan menjemur tomat yang sudah masak selama 3 hari.

“Tomat yang digunakan merupakan hasil panen petani sekitar dengan harga Rp. 6.000,- per kilogramnya,”jelasnya.

Dalam sekali produksi, Ia menghabiskan sebanyak 20 kilogram tomat yang setelah masak akan menjadi sebanyak 30 kotak ukuran berat 100 gram dengan harga jual Rp. 10.000,-.

“Produk sudah ada di beberapa toko, serta Bravo dan KDS, “tuturnya.

Pihaknya juga menambahkan kurmo jowo memiliki dua farian rasa, yaitu pedas dan manis, selain itu tidak menggunakan bahan pengawet sehingga dapat bertahan kurang lebih satu tahun. (Mil/Red)

Baca Juga :

Comment