Bengawan Solo Advanture, Wisata Petualangan Air Yang Menantang.

BLORA – Bengawan Solo Adventures bisa menjadi destinasi wisata alam alternatif bagi masyarakat. Lokasinya terletak di Desa Getas Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Bengawan Solo Adventures merupakan salah satu wisata petualangan alam menantang, yang dikelola oleh pemuda desa setempat dan bekerja sama dengan karangtaruna dan BUMDES. Wisata ini baru beroperasi sekitar satu bulan.

Wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yakni wisata petualangan yang akan memacu adrenalin, serta menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri. Pengunjung yang datang ke tempat ini dapat menikmati wisata air sungai dengan menggunkan perahu sambil menikmati indahnya panorama alam disekeliling arus yang dilalui, yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk dapat menikmatinya. Karena, sementara ini tidak ada biaya tiket masuk hanya saja biaya sewa perahu yang akan digunakan. Mulai dari harga Rp 70.000 untuk satu orang penumpang, hingga perahu rafting Rp 200.000 untuk 4 atau 5 orang penumpang. Sementara, rute petualangan yang diambil yaitu mulai dari sungai Kracaan Desa Ngloram kemudian menyusuri sungai sekitar 6 km, dan berakhir di Padas Malang Desa Getas.

Wisatawan berpose sebelum rafting

Salah satu penggerak wisata, Dwi Kahar mengungkapkan, dengan adanya Bengawan Solo Adventures dapat memberdayakan pemuda setempat agar memilih menetap dirumah dan mengembangkan potensi desa dari pada pergi ke perantauan.

“Banyak potensi di desa sendiri yang bisa dikembangkan oleh masyarakat. Jadi tidak perlu merantau jauh,” katanya saat ditemui tim Wartaku.id.

Ia juga menambahkan, bahwa banyak dampak positif yang dirasakan. Baik itu tehadap lingkungan, maupun bagi masyarakat sekitar. Seperti membuang sampah di sungai, yang perlahan sudah tidak lagi dilakukan karena sungai menjadi lokasi wisata.

“Ini juga untuk memperdayakan masyarakat dan meningkatkan kepedulian kita terhadap alam,” tambahnya.

Sementara itu, pihak pengelola terus mengembangkan tempat wisata ini untuk memanjakan pengunjung. Seperti menambah spot foto, souvenir dan paket makan.

Sementara, salah satu pengunjung Bengawan Solo Adventures, Ria Anjastika menuturkan, bahwa ia merasa senang dan puas dengan wisata alam ini. “Saya puas sekali, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk merasakan wisata ini.

Kita dapat melihat pemandangan alam yang indah dan bisa berpetualang di sungai,” kata Ria kegirangan.

(Dwi/Amina/Red)

Comment