by

Pembelajaran Online, Orang Tua Keluhkan Anak Belum Bisa Membaca.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Masa pandemi pembelajaran yang di lakukan secara online/daring tentu membuat banyak kekhawatiran bagi orang tua maupun guru. Pasalnya pembelajaran yang tidak dilakukan secara langsung dengan tatap muka dirasa kurang efektif disebabkan lebih banyaknya kendala yang harus dihadapi.

Bahkan beberapa orang tua mengeluhkan anaknya yang mulai masuk kelas 1 Sekolah Dasar (SD) namun belum bisa membaca dengan lancar, bahkan untuk membedakan huruf juga masih belum mampu.

“Sekarang kelas 1 dan belum tau ABC, pikiranya main terus meskipun sudah cari guru les tapi anaknya susah belajar, sampek saya sudah capek, “keluh Yeni salah satu orang tua siswa.

Menanggapi hal tersebut, Oktia Ika Ardhiani yang merupakan salah satu kepala sekolah di Sekolah Dasar (SD) Negeri menyebutkan bahwa sesuai aturan di jenjang TK memang tidak boleh diajarkan membaca terlebih dahulu namun, semua sekolah di Indonesia sudah mengajarkan anak membaca sejak TK.

“Langkah guru untuk kelas 1 memberi contoh menulis di buku strimin, sementara untuk membaca sesuai kurikulum kelas 1 masih membaca ringan-ringan dulu karena awal semester juga sambil dikasih contoh cara pelafalan huruf juga, “ungkapnya.

Menurutnya untuk saat ini semua dilakukan secara darring baik memberikan contoh berupa gambar maupun contoh video membaca yang dikirim melalui media WhatApp. Sementara untuk membaca bagi kelas satu, menurutnya masih wajar jika belum lancar.

“Masih aman untuk kelas satu yang belum lancar membaca apalagi ini baru dua mingguan masuk, “terangnya.

Sedangkan di SDN Glagahsari tempatnya bertugas, Okta sapaan akrabnya menyebutkan bahwa dari semua murid kelas 1 di sekolahnya sudah mulai lancar membaca dan tidak ditemukan murid yang belum bisa membaca sama sekali.

Pihaknya juga berharap pandemi yang merupakan musibah ini dapat segera selesai dan ditemukan obatnya sehingga kembali normal seperti dulu lagi.

“Musibah ini bisa selesai, pendidikan bisa kembali tatap muka, kasihan orang tua juga yang tidak memiliki basic guru bahkan anak kandung bisa jadi anak tiri, ibu kandung bisa jadi ibu tiri terlebih kalau sampek anak di cubit dan dibentak akan membekas dihati, “pungkasnya. (Mil/Red)

Baca Juga :

Comment

Artikel