by

Sebanyak 1.277 Guru di Bojonegoro Mendapatkan Hapak Sekaligus Ikuti Bimtek Penilaian Kerja.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro berikan Hapak (hasil angka Penilaian kredit) sekaligus beri bimbingan teknis (Bimtek) penilaian kerja kepada 1.277 guru TK hingga SMP di kabupaten Bojonegoro. Dibuka langsung oleh kepala dinas Pendidikan Bojonegoro, Dandi Suprayitno pada Senin, 08/09/2021, acara yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Sekolah Model Terpadu (SMT) Bojonegoro tersebut dilaksanakan selama tiga hari.

Sementara itu, Lasiran selaku sekretaris Dinas Pendidikan Bojonegoro, mengungkapkan guru dalam melaksanakan tugasnya perlu penilaian. Untuk itu, pihaknya memberikan bimbingan teknis agar guru mengetahui terkait apa saja penilaian dalam kinerjanya.

“Agar mereka tau apa saja yang dinilai, maka kita kasih tau melalui bimbingan teknis ini, “ungkapnya.

Kegiatan yang dilakukan masih dalam masa pandemi tersebut diselenggarakan dengan bergelombang selama tiga hari. Peserta yang mengikuti terdiri dari 125 guru TK, 862 guru SD, 287 guru SMP dengan berbagai golongan mulai dari golongan 2 A hingga 4 A. Dengan rincian golongan 2 A ada 3 orang, 3 A 101 orang, 3 B sebanyak 709 orang, 3 C 188 orang dan 4 A 153 orang.

“Kegiatan dilaksanakan secara bergelombang, karena menerapkan prokes, “jelasnya.

Bimbingan teknis sendiri menyampaikan cara penilaian guru dengan memberikan materi PKG (Penilaian Kinerja Guru) yang terdiri dari komponen PKB (Penilaian Keprofesionalan Berkelanjutan) dalam hal karya inovatif dan publikasi ilmiah.

“Rata-rata guru itu PKBnya yang agak lemah, maka dari itu terus kita tekankan agar teman-teman mengerti,”tuturnya

Sementara, menurutnya kenaikan pangkat untuk guru ada dua periode, yaitu bulan April dan bulan Oktober. Apabila guru Penilaian Angka Kreditnya (PAK) di bulan tersebut sudah memenuhi kriteria, maka bisa naik pangkat.

“Ada tengah-tengah penilaian atau hasil sementara yang disebut Hapak (hasil penilaian angka kredit), nah agar guru mengetahui apa saja untuk meningkatkan nilai maka di beri bimtek, “pungkasnya. (Mil/Red)

Comment

Artikel