Puncak Hari Kartini, Bupati mengajak Untuk Peringatan Hari Kartini Dengan Peran Kerja Nyata Untuk Indonesia Tercinta.

BOJONEGORO, Wartaku.id – Peringati hari kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro gelar upacara peringatan hari kartini dengan busana kebaya bagi peserta upacara perempuan dan udeng bagi peserta upacara laki-laki di Pendopo Malowopati Bojonegoro pada Rabu, (21/04/2021).

Seluruh peserta yang hadir dalam upacara mengenakan busana kebaya bernuansa pink dan menggunakan jarik, sementara peserta laki-laki menggunakan baju hitam dan memakai udeng di kepala. Sebelumnya Bupati juga telah mengeluarkan surat edaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berbusana kebayak dari hari senin 19/04/2021 hingga Jum’at 23/04/2021.

Dalam amanatnya Bupati Anna Muawannah menyampaikan bahwa upacara yang diselenggarakan hari ini merupakan rangkaian peringatan hari kartini dan mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini terhadap hak-hak perempuan, meningkatkan taraf hidup perempuan Indonesia dan mewujudkan persamaan peran serta kedudukannya dengan laki-laki.

“Tentunya tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan, “ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa perempuan masa kini adalah perempuan yang berdaya dan berkarya, perempuan yang berkontribusi melalui berbagai bidang dan cara perempuan yang berani mengembangkan segala potensi dan kemampuan nya perempuan yang sadar dan aktif untuk meraih akses dan kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam berbagai bidang pembangunan.

“karenanya peringatan Hari ini diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong gerakan bersama mewujudkan pemberdayaan dan perlindungan perempuan Indonesia,”jelasnya.

Sementara dalam 3 tahun terakhir perkembangan angka kematian ibu di Kabupaten Bojonegoro menunjukkan tren yang turun secara drastis diantara penyebabnya yakni perempuan yang terlalu muda atau terlalu tua untuk hamil, jarak kehamilan yang berdekatan.

“Perjuangan seorang ibu sangat berat karena jiwa ibu dipertaruhkan untuk anaknya,”tutur Bupati.

See also  Dinas Pertanian Bojonegoro Anggarkan 75 Miliar Untuk Program KPM.

Diakhir amanatnya Bupati mengajak untuk mewarnai peringatan Hari Kartini dengan peran kerja nyata untuk Indonesia tercinta.

“Selamat Hari Kartini perempuan Indonesia semoga tuhan yang maha esa senantiasa melindungi semua langkah dan perjuangan kita perempuan dalam membangun bangsa tercinta, “pungkasnya. (Mil/Red)

Baca Juga :

Comment