Pj Bupati Bojonegoro Hadiri Kegiatan Pemuda Pelopor, Tekankan Kolaborasi untuk Bangun Daerah.

BOJONEGORO, Wartaku.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) menggelar Talkshow and Sharing Session dengan tema ‘Virus Inspirasi untuk Pemuda Bojonegoro’ di Ballroom Andrawina Aston City Hotel Bojonegoro, Senin (29/1/2024). Kegiatan ini diikuti oleh para Pemuda Pelopor Bojonegoro mulai tahun 2003 hingga 2023.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto menyampaikan bahwa di era sekarang, kolaborasi merupakan hal penting untuk mewujudkan suatu tujuan. Untuk berkaborasi, semua harus sama-sama saling mendengar, bercerita dan mengenal satu sama lain.

“Jadi perlu ada forum atau wadah untuk menjadi tempat berdiskusi bersama-sama seperti ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati menjelaskan, di sisi lain, Pemerintah juga harus berinovasi dengan para pemuda, sebab pemuda memiliki cara berpikir yang out of the box lebih dinamis dan pandangan yang lebih luas. Para pemuda bisa memberikan inovasi bagi komunitasnya atau masyarakat. Untuk itu, ajang pemilihan Pemuda Pelopor harus terus dilakukan. Pemuda harus bisa membawa perubahan dengan inovasi-inovasi baru.

“Harapan saya, siapapun yang masuk seleksi Pemuda Pelopor Bojonegoro, integritas harap menjadi nilai utama karena integritas yang tinggi merupakan modal untuk membangun Bojonegoro dengan baik,” tegasnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinpora Bojonegoro Amir Syahid menyampaikan bahwa para Pemuda Pelopor yang hari ini dihadirkan adalah mulai dari tahun 2003-2023. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan tahunan di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

“Talkshow dan Sharing Sessions ini kita selenggarakan dengan peserta dari Lembaga, Badan, Dinas, Camat dan tokoh pemuda yang ada di tiap-tiap kecamatan, organisasi kepemudaan, Rektor, Ketua BEM dan juga komunitas pemuda lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Amir mengajak peserta dan undangan untuk mengenali potensi yang ada di lingkungannya dan menjadi pelopor masyarakat di bidangnya. Dengan kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pemahaman yang lebih luas terkait Pemuda p
pelopor yang berjenjang untuk menunjukkan potensi dan talentanya.

See also Desa Yang Akan Mengikuti Pelantikan Kades Terpilih Tahap II Lewat Video Conference.

“Maka ada tagline untuk pemuda Bojonegoro yakni #KamuBisaApa untuk menjadi semangat kedepan,” tegas Amir Syahid.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber, yakni Sekretaris Daerah Bojonegoro Nurul Azizah; Analis kebijakan anak muda/ sub koordinator substansi wawasan pemuda Kuncahayani Kartika Wulan; dan Pemuda Pelopor tingkat nasional bidang pangan, Yogi Samanta.

Kepala Dinpora Bojonegoro juga menyampaikan 21 persen penduduk Bojonegoro adalah pemuda. Oleh karena itu, Dinpora memfasilitasi kegiatan kepemudaan tingkat Kecamatan maupun Desa. Pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda Tahun 2023 54,05 persen merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya 51,78 persen.

“Tandanya pelayanan kepemudaan di Kabupaten Bojonegoro mengalami peningkatan,” pungkasnya.[Red]

Comment