by

Jelang Hari Buruh, Disperinaker Bojonegoro Peringati Dengan Sarasehan.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Menjelang Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro menyelenggarakan Sarahsehan dengan tema “May Day Is Build Together” pada Jumat, 30 April 2021.

Acara yang di hadirin oleh Bupati Bojonegoro, Forpimda Kabupaten Bojonegoro, Para pemimpin perusahaan dan para pekerja, Serikat buruh dan Serikat pekerja.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinaker) Bojonegoro, Welly Fitrama menyampaikan terdapat sebanyak 100 perusahaan tengah mengikuti sarasehan melalui online dan di ikuti oleh 100 pekerja secara langsung.

“Tujuan diadakannya sarasehan tersebut untuk meningkatkan sinergitas dan harmonisasi antara pemerintah, pengusaha, buruh dan ketenagakerjaan dalam mewujudkan pembangunan di kabupaten Bojonegoro. Serta mempererat kebersamaan elemen ketenagakerjaan dalam meningkatkan kinerja dan prestasi dalam perekonomian daerah”, ularnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Muawannah, menyampaikan kepada para pekerja agar terus meningkatkan keahlian pada masing-masing bidang, jadikan momentum May Day sebagai refleksi diri untuk terus meningkatkan kualitas diri dan profesionalitas dalam pekerjaan.

“Saat ini Pemkab Bojonegoro melalui Disperinaker telah menyiapkan posko pengaduan bagi pelaku industri yang mengalami permasalahan kerja, sehingga dapat meminimalisir tindakan yang tidak diinginkan dari berbagai pihak”, ungkap Bupati Bojonegoro.

Pada tahun 2021 ini, Pemerintah Pusat telah menghimbau kepada para pemilik perusahaan untuk memberikan hak kepada para pekerja yakni berupa Tunjangan Hari Raya (THR) yang wajib dibayarkan oleh perusahaan. Sebagaimana dengan aturan yang berlaku, sekaligus sebagai bentuk apresiasi bagi para pekerja.

“Saya yakin pekerja di Kabupaten Bojonegoro akan tetap kondusif menjelang peringatan May Day 2021. Pemerintah Pusat juga telah menghimbau kepada seluruh perusahaan untuk mengeluarkan THR sebagai hak pekerja atas apresiasi selama bekerja”, ibunya.

Selanjutnya diakhir acara sarahsehan dilakukan penyerahan penerima manfaat dari BPJS KETENAGAKERJAAN diantaranya yaitu :

  1. Alm. Joko Siswanto (PDAM BOJONEGORO) Diwakili secara simbolis oleh Sri Mulyati – Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun Berkala.
  2. Alm Nyoto (PT SEMEN INDONESIA LOGISTIK) Diwakili secara simbolis oleh ahli waris Fatina Zulfa – Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun Berkala dan Beasiswa Pendidikan SD-Perguruan Tinggi.
  3. Alm Ahmad Ramlan (PT TIRTA FLORA) Diwakili secara simbolis oleh ahli waris Fitri Astutik – Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua, Beasiswa Pendidikan SMP hingga Perguruan Tinggi.

(Ayu/Red)

Comment

Artikel