Hujan Masih Berlangsung 3 Bulan kedepan, BPBD Imbau Masyarakat Waspadai Bencana Hidrometeorologi.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Berdasarkan surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang, Nomor : KL.00.01/021/KMLG/LL/2021 terkait analisis curah hujan Januari 2021 dan prakiraan hujan Maret – Mei 2021 Provinsi Jawa Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap bencana Hidrometeorologi.

Bencana Hidrometeorologi merupakan bencana yang disebabkan atau dipengaruhi oleh faktor-faktor meteorologi seperti cuaca yang mengakibatkan banjir bandang, longsor, angin puting beliung, petir dan sebagainya.

Menurut Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro, Eko Susanto berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang pada tiga bulan mendatang, yaitu bulan Maret, April, dan Mei 2021 masyarakat di daerah potensi bencana Kabupaten Bojonegoro untuk waspada apabila terjadi curah hujan intensitas tinggi yang terjadi lebih dari 2 jam.

Peringatan Dini 3 Hari

“Dikhawatirkan terjadi bencana hidrometeorologi, maka masyarakat harus tetap waspada apabila hujan lebih dari 2 jam, “ungkapnya.

Eko menambahkan, untuk para camat, kepala OPD dan instansi terkait di Bojonegoro agar selalu siaga dan melakukan upaya pertolongan dan penanganan terhadap dampak bencana yanag terjadi di wilayah Kabupaten Bojonegoro sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing terutama bagi yang berada di wilayah potensi bencana.

“Terutama di wilayah selatan Bojonegoro ditambah Kecamatan Balen, Sukosewu, Kalitidu, Malo, Kedewan dan Tambakrejo,” jelasnya.

Sementara itu dalam surat edaran tercatat pada Bulan Maret 2021 Wilayah Kabupaten Bojonegoro memiliki nilai curah hujan Menengah – Tinggi (rata-rata curah hujan 201-300 mm) dengan kemungkinan hujan intensitas Sedang – Tinggi di sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga : https://wartaku.id/peristiwa/curah-hujan-tinggi-debit-air-sungai-bengawan-solo-mulai-meningkat/

Sedangkan pada Bulan April 2021 Wilayah Kabupaten Bojonegoro memiliki nilai curah hujan Menengah (rata-rata curah hujan 201-300 mm), dengan kemungkinan hujan insentitas Sedang di sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro. (Mil/Red)

Comment