Bojonegoro Buat Aplikasi SiBantu Untuk Pantau Bansos.

BOJONEGORO – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, membuat aplikasi untuk pengawasan penerimaan bantuan sosial bagi masyarakat di Bojonegoro baik dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi, maupun Pusat.

Aplikasi tersebutr bernama Sistem Informasi Bantuan Sosial (SiBantu). Dalam aplikasi tersebut, data semua masyarakat penerima bantuan sosial akan muncul mulai nama lengkap, alamat, hingga pekerjaan. Sehingga, jika ada dobel penerimaan atau belum ada yang menerima sama sekali, masyarakat dapat melaporkannya.

“Aplikasi tersebut bernama Sistem Informasi Bantuan Sosial atau SiBantu, Seluruh bantuan terkait covid-19 sudah tercantum pada aplikasi SIBantu,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kusnandaka Tjatur, Jumat (5/6/2020).

Dijelaskan, dalam aplikasi SIBantu, terdapat dua fitur utama yakni untuk mencari siapa saja yang menerima bantuan dan fitur kedua adalah fitur admin yang mana yang mana bisa memasukkan nama siapa saja yang belum menerima bantuan di masing-masing desa.

“Jadi ada adminnya juga yang memegang kunci atau password atau aplikasi sehingga tidak bisa dimanipulasi,” tegasnya.

Dengan adanya aplikasi SIBantu, maka pemberian bantuan sosial khususnya terkait covid-19 akan lebih transparan dan warga bisa langsung melakukan pengawasan sehingga bantuan sosial akan lebih tepat sasaran.

(Red)

See also Peringati Hari Tani Nasional, Aliansi Bojonegoro Menggugat Turun Jalan.

Comment