100 Desa Jadi Pilot Project Sistem Informasi Desa.

BOJONEGORO – Untuk memberikan penguatan tata kelola pemerintahan di tingkat desa, Dinas Kominfo memberikan pelatihan dan pendampingan Sistem Informasi Desa (SID). Pendampingan dilaksanakan di Gedung Pusat Informasi Publik selama 4 hari dengan sasaran 100 Desa Pilot Project SID.

Dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Desa, diharapkan desa dapat meningkatkan layanan, antara lain surat menyurat secara online, berbasis data kependudukan yang dimiliki dan dikelola oleh desa masing-masing. selain itu desa juga dengan mudah mengelola data terkait penerima berbagai program prioritas Pemkab Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kusnandaka Tjatur menyampaikan direncanakan pada akhir Maret 2020 ini 100 desa Pilot Project Sistem Informasi Desa akan di lounching oleh Ibu Bupati, serta desa yang lain ditarget pada tahun ini semua sudah menggunakan SID.

SID ini merupakan inisiatif dan inovasi bersama antara pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakyat. Sebab belum optimalnya fungsi koordinasi, sinergitas dan pengendalian program penanggulangan kemiskinan antar stake holder.

Salah satu faktor terbesarnya adalah belum tersedianya data yang presisi dengan kondisi faktual di lapangan. Akibatnya bantuan yang di jalankan perangkat daerah dalam menentukan fokus, sasaran dan strategi implementasinya belum tepat sasaran.

Melalui SID ini nantinya data yang tersedia di masing-masing desa akan lebih akurat. Program-program penanggulangan kemiskinan akan sesuai dan tepat sasaran sehingga dapat mendorong terwujudnya percepatan pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. SID ini sangat diperlukan oleh tenaga ahli, pendamping desa, pendamping lokal desa dalam pelaksanaan program. (Ar/Red)

See also  Luncurkan Logo HJB ke-345, Pembangunan Bojonegoro Terus Berkelanjutan.

Comment