by

Antisipasi Masuknya Virus PMK, Dinas Peternakan Lakukan Pemeriksaan Ketat di Pasar Sapi Balen

BOJONEGORO, Wartaku.id – Satu persatu sapi yang masuk di Pasar Hewan Kecamatan Balen, diperiksa oleh petugas kesehatan hewan dari Dinas peternakan dan perikanan, Kabupaten Bojonegoro. Hal tersebut dilkaukan untuk mengantisipasi hewan ternak di Kabupaten Bojonegoro terserang wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Setelah merebahnya virus PMK di beberapa wilayah Jawa Timur, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro lakukan antisipasi cepat dengan melarang sapi dari luar daerah terutama yang sudah terjangkit PMK untuk tidak masuk ke wilayah Bojonegoro.

“Kita larang hewan dari luar masuk ke Bojonegoro, dengan melakukan pengecekan disetiap sapi yang masuk ke pasar, terlebih Lamongan adalah tetangga Bojonegoro, sehingga jangan sampai ada sapi masuk ke Bojonegoro,” terang Sugiharti S Rahayu, selaku Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah di setiap Kecamatan Bojonegoro dan petugas kesehatan hewan di setiap kecamatan untuk melakukan pengecekan pada hewan ternak masyarakat.

“Kita lakukan pemeriksaan kesehatan sapi ternak masing-masing di kecamatan yang dilakukan oleh petugas kami di lapangan,” ungkapnya.

Meskipun kematian pada hewan yang terjangkit PMK masih tergolong rendah, namun pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dikarenakan penularan penyakit tersebut sangat tinggi.

“Penyakit ini sangat inveksius dan akut penularanya sangat cepat hingga 90 persen,” terangnya.

Namun, Bu Yayuk (sapaan akrabnya) menjelaskan bahwa PMK dapat disembuhkan sehingga peternak tidak perlu khawatir dan tetap meningkatkan kewaspadaan serta segera melapor kepada petugas jika peliharaanya sakit.

“Untuk mencegah wabah meluas hingga menyerang ratusan sapi, kami himbau peternak segera melaporkan kepada petugas agar segera dilakukan penanganan kepada sapi yang sakit,” tutupnya. (Mil/Red)

Comment

Artikel