Alur Pelayanan Vaksinasi Di Fasilitas Kesehatan Bojonegoro.

BOJONEGORO, Wartaku.id – Bojonegoro di awal bulan Februari akan mendapatkan vaksinasi tahap pertama dengan jatah sebanyak 8.786 vaksin, yang 48 fasilitas kesehatan dengan pembagian 36 puskesmas, 10 rumah sakit dan 2 klinik.

Gugus tugas percepatan dan penanganan covid-19 Kabupaten Bojonegoro, Masirin, menjelaskan bahwa vaksinasi di Bojonegoro sendiri dijadwalkan pada bulan februari yaitu gelombang kedua wilayah Jawa Timur dimana gelombang pertama di lakukan di tiga kota/kabupaten prioritas yaitu Surabaya, Sidoarjo dan Gresik dengan prioritas penerimanya adalah tenaga kesehatan (Nakes).

“Untuk wilayah Jawa Timur, Bojonegoro masuk ke tahap dua yang akan dilaksanakan pada bulan februari dengan Tenaga kesehatan,”jelasnya

Sementara itu, faskes yang menjadi rujukan vaksinasi di Kabupaten Bojonegoro juga tengah melakukan persiapan vaksinasi. Baik tempat vaksinasi, alur vaksinasi, video simulasi, peralatan medis maupun sarana penunjang.

“Baik dari tahapan sosialisasi, persiapan tempat dan bahan medis baik penunjang pelayanan, sarana penunjang seperti komputer, laptop dan sebagainya,” ungkapKepala Puskesmas wisma indah Bojonegoro, dr. Fifin Erliana.

Sementara itu pihaknya juga menyatakan, terkait alur pelayanan vaksinasi covid-19, diantaranya saat datang calon penerima vaksin diharuskan mematuhi protokol kesehatan demgan mencuci tangan, mengukur suhu tubuh dan menjaga jarak, kedua meja pertama terkait pengisian pendaftaran calon penerima vaksin hingga croscek data berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Di tahapan ketiga berupa screening untuk memastikan tidak ada kontra indikasi/baik riwayat penyakit penyerta maupun sembuh dari covid-19. Hingga proses penyuntikan vaksinasi kepada calon penerima.

“Alur pelayanan proses vaksinasi, diantaranya menerapkan prokes, croscek data, proses screening dan penyuntikan,” Ungkapnya

Pihaknya juga berharap, dengan adanya vaksinasi ini mampu menekan penyebaran virus covid-19, terutama untuk Kabupaten Bojonegoro sendiri. Baik bagi Nakes secara pribadi maupun masyarakat umum.

See also Sat Lantas Polres Bojonegoro Turut Sosialisasikan Protokol Kesehatan di Lokasi Wisata.

Baca Juga : https://wartaku.id/kesehatan/inilah-tahapan-vaksinasi-covid-19-di-bojonegoro/

“Diharapkan dengan vaksinasi bisa menekan penyebaran virus Covid-19 untuk warga Bojonegoro” Pungkasnya (Mil/Red)

Comment