THR Tidak Dibayar Bisa Lapor Ke Disnaker Bojonegoro.

BOJONEGORO, Wartaku.id – Membantu memberikan kesejahteraan karyawan di Kabupaten Bojonegoro, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro siapkan posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk idul fitri di tahun 2022 ini.

Posko pelayanan tersebut bisa digunakan untuk konsultasi dan pengaduan yang bisa dimanfaatkan oleh pekerja, buruh dan karyawan dalam menuntut haknya.

Kepala Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bojonegoro, Slamet mengungkapkan, Posko Pengaduan THR setiap tahun tersedia di kantor Disnaker Bojonegoro.

“Untuk lebaran tahun ini sudah di sediakan semenjak tanggal 13 April 2022, dan akan dibuka hingga 8 hari setelah hari raya,” ungkapnya.

Untuk mendapat pelayanan, masyarakat bisa langsung mendatangi kantor Disnaker dengan membawa beberapa persyaratan, diantaranya memberikan bukti tertulis pemberian THR atau adanya bukti gagalnya perundingan Biparti dengan bukti risalah perundingan.

“Tanpa bukti akan menyulitkan pelayanan bagi karyawan,” lanjut Slamet.

Sementara hingga saat ini belum ada laporan masuk yang diterima oleh Disnaker Bojonegoro terkait tidak diberikanya hak THR dari perusahaan.

Sedangkan bagi perusahaan yang tidak membayarkan THR kepada karyawan akan mendapatkan sanksi berupa denda 5 persen dari jumlah THR yg harus dibayarkan, serta tidak menghilangkan kewajiban untuk membayar THR kepada pekerja.

“Semua perusahaan wajib memberikan THR kepada pekerjanya sebagaimana ketentuan dalam PP 36 tahun 2021 Tentang pengupahan dan Permenaker Nomor 6 tahun 2016,” tutupnya.

Selain melalui posko, aduan mengenai Tunjangan Hari Raya juga bisa diakses secara daring melalui http://poskothr.kemnaker.go.id. (Mil/Red)

Comment