Rugi Puluhan Juta, Hama Tikus Serang Tanaman Cabe Warga Sukosewu.

BOJONEGORO – Ratusan batang cabai merah yang berbuah lebat dan siap panen milik  H. Karimul Barid warga Desa Semen Kidul Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro habis dimakan hama tikus, akibatya ia mengalami kerugian puluhan juta rupiah, hama tikus ini merusak buah cabe yang siap panen.

Segala upaya untuk mengusir hama tiks ini telah dilakukan, seperti memberikan pagar sekeliling sawah dengan seng, selain itu juga mengobati dan melakukan perburuan tikus ini dengan senapan angin, namun hama tikus ini terus menyerang tanaman cabe pada malam hari, cabe yang siap panen pun membsuk  berserakan di tanah dan tidak laku dijual.

Saat ini pemilik tanaman cabe hanya bisa pasrah menghadapi ganasnya hama tiks ini,”Rugi besar ini mas, tikusnya terus menyerang, padahal sudah diobati dan sekelileing sawah juga sudah dipagari dengan seng galvalum,” ujarnya.

Tanam cabe ini memerlukan biaya yag tidak sedikit, mulai dari bibit, pupuk dan perawatan sekitar 6 jutaan rupiah, dan untuk proses perawata samapai panan tanaman cabe ini juga agak sulit, apalagi dimusim kemarau, karena selain hama tikus juga ada hama ulat yang menyerang tanaman ini.

Dia berharap agar ada perhatian dari pemerintah melalui dinas terkait untuk membantu kerugian para petani cabe di kecamatan Sukosewu agar tidak semaikin parah.

Mudah mudahan masih ada sisa sehingga tidak rugi besar.” Harapnya .

(Red)

Comment