Pulihkan Ekonomi Masyarakat Setelah Pandemi, Pemdes Bakalan Gelar Bazar Ramadhan.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Sebagai upaya membangkitkan ekonomi masyarakat setelah pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Bakalan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro manfaatkan momen bulan suci ramadhan dengan mengadakan bazar ramadhan yang mulai digelar pada hari ini, Rabu, 14/04/2021..

Tampak warga sekitar yang antusias mengikuti gelaran acara bazar ramadhan, terbukti dengan banyaknya stan yang berjajaran kurang lebih sepanjang 100 hingga 150 meter. Selain itu, tampak pula pengunjung yang ramai mendatangi bazar untuk menunggu waktu buka (ngabuburit) sambil membeli takjil yang dijual.

Kepala desa Bakalan, Listiono mengatakan bahwa kegiatan bazar ramadhan yang digelar pertama kali ini bertujuan untuk memulihkan ekonomi masyarakat setelah terdampak pandemi, khususnya bagi warga desa Bakalan, sehingga Ia berinisiatif untuk menggelar acara tersebut.

“Saya tujukan untuk warga Bakalan agar dapat memulihkan ekonomi dengan berjualan di momen bulan suci ramadhan, “ungkapnya.

Disebabkan masih pandemi, pihaknya membatasi jumlah stan yaitu hanya sebanyak 35 stan yang telah terisi penuh, diantaranya oleh masyarakat desa Bakalan sendiri, namun tidak memungkiri ada beberapa stan dari luar desa.

“Karena masih pandemi kami membatasi julah stan, dengan memprioritaskan warga desa Bakalan dan dari luar desa dibatasi 15% saja, “Jelasnya.

Bazar yang dibuka mulai pukul 15.30 WIB hingga menjelang maghrib tersebut rencananya akan berlangsung hingga 3 minggu mendatang atau sampai sekitar tanggal 5 Mei 2021.

“Karena di minggu-minggu terakhir puasa masyarakat sibuk mempersiapkan hari raya dan fokus maleman, “tuturnya.

Masih dalam masa Pandemi, Listiono dibantu dengan remaja desa karang taruna menekankan bahwa pelaksanaan bazar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan, memberikan masker, serta membatasi jumlah pengunjung dengan sistem bergantian.

See also  Menuju Akhir Tahun, 1.839 Perempuan di Bojonegoro Memilih Menjanda.

Sementara, salah seorang penjual asal desa Bakalan, Zanuar Dwi Saputra mengatakan bahwa turut bahagia dengan diadakannya acara bazar ramadhan kali ini, meskipun baru mendaftarkan diri malam hari sehingga belum banyak persiapan namun tampak daganganya habis.

“Saya belum banyak persiapan tapi alhamdulillah dagangan habis, “jelasnya.

Penjual beraneka macam es, sayur dan gorengan tersebut juga berharap kedepan daganganya laris dan lebih banyak pembeli.

“Semoga setiap hari banyak pengunjung dan jualan saya dan teman-teman pedagang disini lancar dan laris manis,” pungkasnya. (Mil/Red)

Baca Juga :

Comment