by

Warga Binaan Lapas II A Bojonegoro Isi Bulan Ramadhan Dengan Kegiatan Pesantren Kilat.

-Budaya-30 views

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Momen bulan Ramadhan yang terjadi sekali dalam satu tahun disambut antusias oleh masyarakat muslim dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat termasuk bagi para warga binaan lapas II A Bojonegoro yang menganut agama islam.

Kasi Binapi/Anak Didik (Binadik) Lembaga Pemsyarakatan (Lapas) Kelas II A Bojonegoro, Ari Yuniarto mengungkapkan bahwa selama bulan ramadhan 1442 hijriyah ini, anak pidana lapas II A melakukan berbagai kegiatan yang diadakan lapas sebagai kegiatan pembinaan.

“Ada dua pembinaan, yang pertama kepribadian dan yang kedua kemandirian, “ungkapnya.

Pembinaan kepribadian merupakan pembinaan yang bersifat keagamaan. Diantaranya diisi dengan kegiatan mengaji dengan sistem dibagi 30 orang per kelompok dan dilakukan secara ber sift untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, selain itu juga diadakan kegiatan sholat taraweh dan sholat 5 waktu berjamaah, serta tausiah setiap hari dengan tenaga penceramah dari pihak Kementerian Agama (Kemenag).

“Untuk kegiatan Tausiyah, tenaga penceramahnya dari pihak kemenag, “jelasnya.

Dengan konsep kegiatan yang menyerupai pondok pesantren kilat, setiap kegiatan yang dilakukan ada pemisahan antara narapidana laki-laki dengan narapidana perempuan.

“Narapidana perempuan di kompleksnya sedangkan narapidana laki-laki di lapangan, “tutur Ari.

Kegiatan pembinaan kedua adalah kemandirian, yang bertujuan unuk membangun keterampilan bagi narapidana. Kegiatan yang dilakukan diantaranya dengan tata boga, membatik, menampih beras yang akan di masak dan membuat ta’jil maupun makanan bagi yang tidak puasa.

“Karena ada yang tidak puasa juga jadi membuat makanan kemudian diletakkan di koperasi, sehingga yang tidak puasa bisa memakan makanan tersebut, “imbuhnya.

Dengan adanya program kegiatan pembinaan tersebut lapas II A Bojonegoro menjadi rujukan beberapa narapidana dari luar kota bahkan dari luar profinsi.

“Pemindahan narapidana tersebut mendapat izin dari kantor wilayang untuk melakukan pembinaan lebih lanjut, “pungkasnya.

Sementara sampai saat ini jumlah narapidana di lapas kelas II A Bojonegoro sebanyak 394 orang laki-laki dengan rincian 352 narapidana laki-laki dan 42 tahanan laki-laki, sedangkan untuk perempuan ada sebanyak 7 narapidana dan 1 tahanan. (Mil/Red)

Comment

Artikel