Warga Gayam Kirim Do’a Untuk Pahlawan Pejuang Kemerdekaan.

BOJONEGORO – Beragam acara dan kegiatan di laksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaaan RI yang ke 75 Di berbagai wilayah di Indonesia. Tak terkecuali adalah warga RT 01 /RW 01 Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro.

Malam ini ( 16 – 08-2020) bertempat dijalan poros Desa, tampak ratusan warga tumplek blek di sepanjang jalan yang diadakannya acara kirim doa kepada para pahlawan kemerdekaan. Mereka dengan duduk rapi bersiap – siap menyantap menu yang telah disiapkan oleh panitia.  Rangkaian acara dimulai dengan kirim Do’a untuk para pejuang yang telah gugur di medan perang demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari genggaman penjajah.

Dan uniknya, panjang area yang digunakan dalam acara ini adalah 75 meter dan tumpeng yang disiapkan berjumlah 45 buah. Maksud 75 meter tak lain adalah umur Kemerdekaan Indonesia yang saat ini berusia 75 tahun, sementara jumlah tumpeng 45 buah adalah tahun 1945 dimana saat itu Presiden pertama RI Ir. Soekarno memproklamirkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Para warga Gayam Berkumpul
Para warga Gayam Berkumpul

Salah satu tokoh masyarakat Desa Gayam RT 01 / RW 01 M. Suparno mengatakan “ bahwa kegiatan ini dilaksanakan pertama sebagai rasa syukur Kepada Allah SWT atas Kemerdekaan dan juga Jalan poros Desa yang baru saja selesai dibangun oleh pemerintah Kabupaten Bojonegoro sehingga menjadi bagus dan kedua adalah untuk mengenang dan menghormati jasa – jasa dan pengorbanan para pejuang yang telah gugur di medan perang demi merebut kemerdekaan dan yang ke tiga adalah untuk memupuk jiwa persatuan dan nasionalisme warga untuk meneruskan cita-cita para pejuang menuju Indonesia yang maju dan sejahtera “ pungkasnya kepada wartaku.id

See also  Bawa Isu Perubahan Iklim, Farmer's Fun Day 2023 Semangati Petani

Masih menurut M. Suparno yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro dari PKB ini. Sangat berharap kegiatan seperti ini akan terus dilakukan untuk memperkokoh persatuan masyarakat “ semoga kegiatan seperti malam ini akan terus dilaksanakan biar kebersamaan dan kekompakan masyarakat dalam mengisi kemerdekaan dan meneruskan cita-cita para pahlawan “ pungkasnya.

Sebelum diadakan kegiatan ini, Warga RT 01 /RW 01 Desa Gayam ini telah bergotong royong memasang bendera merah putih, lampu hias dan berbagai atribut simbol kemerdekaan sehingga sepanjang jalan tampak indah untuk dipandang mata. (Hm /Red)

Comment