BUM Desa Bandungrejo Jadi Rujukan Studi BUM Desa Bangka Barat.

BOJONEGORO, Wartaku.id – Guna menunjang pengembangan ekonomi, serta meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam melakukan tatakelola organisasi, BUM Desa Bangka Barat Melalui program Dinas Sosial dan Pengembangan Masyarakat Desa Kabupaten Bangka Barat melalukan kunjungan studi di BUM Desa Bandungrejo kecamatan Ngasem kabupaten Bojonegoro, Rabu (22/11/2023) kemarin.

Kegiatan ini dapat terlaksana melalui kolaborasi luar biasa yang dilakukan oleh IDFoS Indonesia bersama Ademos Indonesia. Dengan harapan output dari kegiatan ini dapat menjadikan ajang silaturrahim, bertukar fikiran, saling berkolaborasi guna memajukan BUM Desa di masing-masing daerah setempat.

Dalam kegiatan ini, Winda Destaria, S.T., perwakilan Dinas Sosial dan Pengembangan Masyarakat Desa Kabupaten Bangka Barat mengungkapkan bahwa, kegiatan studi ini tidak hanya sebatas berkunjung saja, “Studi ini akan menjadi stimulan kepada pengelola BUM Desa Kabupaten Bangka Barat untuk lebih berkembang dan terkelola dengan baik sehingga kegiatan studi ini dapat menjadi kolaborasi yang berkelanjutan”. Ungkap Winda.

Sementara itu, Ketua IDFoS Indonesia, Joko Hadi Purnomo menyampaikan bahwa berjalanya usaha BUM Desa Makmur Rejo ini tidak lepas dari peran serta berbagai pihak, dukungan dari desa dengan penyertaan modal awal sangat penting yang menegaskan bahwa badan usaha ini adalah usaha milik desa.

“Sebagai BUM Desa yang didampingi IDFoS Indonesia, tentu berjalanya BUM Desa ini tidak lepas dari pasang surut terhadap proses usaha yang dijalankan, akan tetapi progres tata kelola harus menjadi acuan untuk terus dievaluasi, sehingga dapat bermanfaat terhadap akses ekonomi masyarakat” Pungkas Joko.

Sementara itu, Ketua BUM Desa Bandungrejo, Santoso mengungkapkan ikhwal berdirinya bidang usaha kelompok ini bukan berorientasi utama terhadap keuntungan, “tujuan utamanya adalah kebermanfaatan secara sosial, sehingga dapat berdampak kepada aktivitas ekonomi masyarakat Desa Bandungrejo”.

See also Ademos dan Sampoerna Luncurkan Klinik UMKM.

Selain pemaparan materi, dalam kegiatan ini para peserta diajak langsung turun lapangan melihat melihat proses budidaya ayam petelur BUM Desa Makmur Rejo dan budidaya ayam petelur Karang taruna Lima Bersaudara desa Bandungrejo yang menjadi dampingan IDFoS indonesia. (Mil/Red)

Comment