by

Kabar Baik, Pesantren Akan Mendapat Bantuan.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro imbau pesantren yang belum mendaftarkan diri, untuk segera mendaftarkan diri. Sebab, hal tersebut bersangkutan dengan bantuan pendanaan dari pemerintah daerah. Sesuai ketentuan apabila pesantren belum terdaftar, maka tidak dapat menerima bantuan tersebut.

Sebelumnya, tepat pada tanggal 2 september 2021, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden No 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Sehingga, Pendidikan pesantren bisa mendapatkan bantuan pendanaan oleh pemerintah daerah karena sudah memiliki payung hukum yang jelas.

Sedangkan kepala Bidang PD Pondok Pesantren, Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro, Zainal saat dikonfirmasi menegaskan, untuk menerima pendanaan tersebut pesantren harus sudah terdaftar, sebab berkaitan dengan data administrasi keseluruhan akan ditangani oleh pihak kemenag.

“Pesantren yang bisa mendapatkan pendanaan merupakan pesantren yang sudah terdaftar di Kemenag,”jelasnya.

Pihaknya juga mengungkapkan untuk penyaluran pendanaan tersebut dari pemerintah daerah bisa langsung mengalokasikan ke yayasan atau bisa juga dengan bantuan dari kemenag, namun untuk syarat administrasi pesantren yang menjadi penerima, seluruhnya dari pihak kemenag.

“Setelah disalurkan tentu ada pengecekan apakah dana tersebut sesuai dengan sasaran dan kebutuhan, nah ini bisa dari pihak kemenag maupun pemerintah daerah yang melakukan pengecekan, “tuturnya.

Sementara pesantren di Bojonegoro yang sudah terdaftar di Kemenag Bojonegoro saat ini sebanyak 320 pesantren, dan masih ada sebanyak 30 pesantren yang belum terdaftar.

“Pesantren tersebut sudah termasuk pesantren salaf dan pesantren modern, jadi kita himbau bagi yang belum terdaftar untuk mendaftarkan,” tuturnya.

Zaenal menjelaskan bahwa sepanjang memenuhi persyaratan teknis dan administrasi, pihaknya tetap memberikan rekomendasi dan apabila belum lengkap, Ia mengungkapkan akan menunggu pelengkapanya.

Alur pendaftaranya yang tidak dipungut biaya tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kepada pihak pesantren wajib membuat proposal pendaftaran, serta daftar online di https://ditpdpontren.kemenag.go.id
  2. Setelah itu akan dilakukan visitasi oleh Kemenag. Setelah memenuhi syarat akan direkomendasi ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag
  3. Kemudian, dari kanwil Kemenag akan merekomendasikan ke DIT PD Pontren Kemenag Ri

(Mil/Red)

Baca Juga :

Comment

Artikel