by

Diduga Petugas Seleksi Beasiswa Disdik Lalai, Ada Mahasiswa Yang Dapat Dobel Beasiswa.

BOJONEGORO, Wartaku.id – Siapa yang tidak mau kalau dapat bantuan BidikMisi atau Beasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kali ini ada sebuah kejadian kelalaian Disdik dalam memeriksa berkas. Rabu (27/10/2021).

Dari pantauan Wartaku.id dilapangan, Mahasiswa yang sudah mendapatkan Bidikmisi, maka tidak diperbolehkan menerima beasiswa atau bantuan pendidikan dari pihak lain. Baik beasiswa dari pihak negeri maupun swasta, tak diizinkan memberikan lagi bantuannya jika mahasiswa tersebut telah mendapatkan bantuan Bidikmisi atau beasiswa lainnya.

Drs. NUR SUJITO, MM. PLT Disdik (dinas pendidikan) Kabupaten Bojonegoro menjelaskan, kalau beasiswa itu diperuntukkan untuk biaya kuliah, seperti biaya hidup, biaya pembelian buku, biaya penelitian atau biaya lainnya itu diperbolehkan, dalam tanda kutip “Tidak boleh double,” katanya pada jurnalis media saat ditemui di ruangannya.

“Selain itu, ia juga menambahkan bahwa,” Beasiswa dari pihak lain itu harus dibatalkan jika sudah mendapatkan BidikMisi, sebab tidak boleh double, kecuali dalam beasiswa itu tidak ada unsur pembayaran untuk Bidikmisi. Yang jelas salah satu syarat mutlak atau satu-satunya tidak menerima bantuan atau beasiswa dari mana pun baik beasiswa bidik, Program KIP Kuliah, Bantuan UKT/SPP Semester Genap tahun 2020/2021 dan beasiswa lainnya.

Nur Sujito juga membeberkan, Untuk mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa itu jika memang sudah terdaftar dan akan terjaring dengan kami bahwa dia sudah mendapatkan beasiswa Maka tidak akan bisa mengajukan beasiswa sarjana kembali.

Jika memang ada mahasiswa mendapatkan double beasiswa, maka kami akan menelusuri dan pengecekan ulang benar dan tidaknya dia mendapatkan beasiswa.
Jika memang ada yang mendapatkan dobel berarti itu bisa saja kesalahan untuk kami pihak Dinas pendidikan karna kurang teliti, dan juga kesalahan secara pribadi hanya untuk mendaftar coba-coba saja jika beruntung, tegasnya.

Disisi lain salah satu mahasiswa dari kampus UNESA (universitas negeri Surabaya) yang namanya Engan dipublikasikan menjelaskan, Saya mendapatkan Bidikmisi dan saya juga mengajukan bantuan beasiswa lagi dan alhamdulilah lolos.

“Saat saya mengajukan beasiswa ke Dinas pendidikan, saya pikir tidak lolos, tapi sayapun juga tidak tau, ternyata saya lolos dan disuruh mengurus rekening baru dan dapat bantuan beasiswa sebesar 2,5 juta langsung ditrans fer ke rekening saya. Dan saya mendapatkannya hanya sekali saja tambahnya saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp nya, kemarin Selasa (26/10/2021). (Usm/Red)

Comment

Artikel