Mulai Akhir Mei, Pengantin Baru Akan Dapat Kartu Nikah Digital.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Sebagai bentuk program revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) dalam memberikan kemudahan layanan dan kualitas kepada masyarakat, Kementerian Agama (Kemenag) akan meluncurkan kartu nikah digital bagi pasangan pengantin yang baru menikah terhitung sejak akhir bulan Mei mendatang.

Kepala Kementrian Agama Bojonegoro, Suhaji menyebutkan bahwa pihaknya menyetujui adanya peluncuran kartu nikah digital pada akhir bulan nanti. Menurutnya program dari Kemenag pusat tersebut dipastikan akan diterapkan juga di kabupaten Bojonegoro.

“Saya sangat setuju dengan peluncuran kartu nikah digital ini, kalau dari pusat akan menggunakan kartu nikah digital, pastinya di Bojonegoro juga harus menggunakan kartu nikah digital tersebut agar tidak ketinggalan zaman,”ungkapnya.

Sementara itu, Suhaji juga menambahkan bahwa dua kecamatan di kabupatrn Bojonegoro yaitu kecamatan Bojonegoro dan kecamatan Dander sudah menerapkan kartu nikah digital semenjak satu tahun lalu.

“Sebenarnya kabupaten Bojonegoro sudah menerapkan kartu nikah digital satu tahun yang lalu, namun belum menyeluruh hanya di dua kecamatan saja, “jelasnya.

Dengan adanya peluncuran kartu nikah digital akhir Mei, Ia berharap semua kecamatan yang ada di Bojonegoro turut menerapkan kartu nikah digital dan tidak ketinggalan dengan pembaruan dan perkembangan zaman.

Sementara itu kartu yang di berikan kepada pasangan pengantin setelah prosesi akad nikah dalam bentuk fisik maupun digital tersebut memiliki banyak manfaat yang memudahkan pasangan suami istri, diantaranya dari kecepatan mengakses data diri antara pasangan suami maupun istri sebagaimana tertera dalam kartu tersebut.

Selain itu, kartu tersebut akan mempermudah pengecekan keabsahan pernikahan pasangan suami maupun istri dan merupakan upaya Kemenag dalam menghindari pemalsuan dokumen pernikahan serta praktik penipuan oleh salah satu pihak pasangan. (Mil/Red)

Baca Juga :

See also  Kapolres Bojonegoro Lakukan Tes Urin Dadakan.

Comment