Resmi, Muhamadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 1443 H Jatuh Pada 2 Mei 2022.

BOJONEGORO, Wartaku.id – Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, resmi menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau 1 Syawal jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Solikin Jamik, selaku Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro membenarkan hal tersebut, bahwa pimpinan pusat telah menetapkan jatuhnya lebaran tahun 2022 ini pada tanggal 2 Mei.

“Karena pada waktu matahari tenggelam pada Hari Ahad (01/05/2022), hilal sudah di atas ufuk. Maka menurut Muhammadiyah, dengan hilal sudah terwujud besuk nya sudah bisa memastikan Hari Raya Idul Fitri (hisab wujudul hilal),” ungkapnya.

Sementara, menurut perkiraannya meskipun penetapan awal ramadan antara muhammadiyah dan Nahdatul Ulama’ berbeda, namun hari raya idul fitri tahun ini dimungkinkan akan jatuh di tanggal yang sama,

“Menurut logika ilmu pengetahuan jika 4 derajat sudah dapat dilihat dengan mata telanjang. Maka kami dari Muhammadiyah meyakini kemungkinan besar Idul Fitri sama jatuh pada (02/05/2022),” terangnya.

Untuk itu, Ia mengimbau warga Muhammadiyah dari mulai Pimpinan Ranting, Pimpinan Anak Ranting hingga Pimpinan Cabang secara tertib menggelar salat Idul Fitri di tanah lapang pada tanggal 2 Mei mendatang.

“Namun, harus tetap menjaga protokol kesehatan karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, Sehingga masih wajib menggunakan masker hingga mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” tutupnya. (Mil/Red)

Comment