by

Perpustakaan Mobil Keliling Astuti Datangi Anak-Anak di Kecamatan Sekar.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Masih dalam masa pandemi dengan pembelajaran sekolah tatap muka masih terbatas, Satlantas Bojonegoro berkeliling ke desa-desa terpencil yang ada di Bojonegoro dengan mobil perpustakaan untuk menyasar anak-anak di kecamatan Sekar, kabupaten Bojonegoro. Senin, 06/09/2021.

Mobil Astuti tersebut disulap sebagai perpustakaan keliling dengan membawa berbagai macam buku bacaan di dalamnya serta terdapat meja membaca. Mudah berpindah tempat, perpustakaan berjalan tersebut mempunyai misi untuk mendatangi kawasan-kawasan terpencil di Bojonegoro yang masih sulit dari jangkauan.

“Kita bawa ke daerah pelosok yang sulit dari jangkauan, “ungkap IPTU M. Thohir selaku Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Digyasa) Satlantas Bojonegoro.

Selain membawa buku bacaan, pihaknya juga membawa sebuah laptop yang digunakan sebagai alat pembelajaran bagi anak-anak. Tidak sekedar membawa, dua personil yang bertugas tersebut juga memberikan pemahaman dan penjelasan terkait Pancasila dan kewarganegaraan.

“Sarana laptop kita pakai untuk pembelajaran ini bisa memutarkan materi pelajaran atau video perjuangan intinya pembelajaran sesuai dengan usia anak Sekolah Dasar (SD), “jelasnya.

Mobil yang beroperasi setiap Senin dan kamis tersebut akan mendatangi lebih dari satu desa yang ada di kecamatan tujuan. Program ini merupakan lanjutan dari program Polres Bojonegoro, yang sebelumnya menggunakan sepeda motor keliling. Meskipun begitu hingga saat ini perpustakaan sepeda motor keliling juga masih ada di polsek setempat.

Dengan pembelajaran yang masih belum maksimal, Tohir berharap adanya mobil perpustakaan keliling tersebut bisa membuat rindu anak-anak terhadap sekolah sedikit terobati dan waktu mereka juga tidak terbuang sia-sia dengan bermain terlalu lama.

“Karena kegiatan pembelajaran di sekolah masih susah, mereka juga tidak bisa ke sekolah ya semoga kita bisa membantu mereka belajar dengan mendatangi anak-anak yang sedang kumpul,” harapnya.

Sementara itu, dari anak-anak sendiri antusias ketika mobil tersebut mendatangi desa mereka, bahkan setelah mobil di buka mereka yang beberapa sudah tau langsung mendekat. (Mil/Red)

Comment

Artikel