MIFU Sumberjokidul Seminar Parenting, Ingin Wujudkan Mutu Pendidikan Berkualitas.

BOJONEGORO – Mengawali semester genap tahun pelajaran 2019/2020 Madrasah Fathul Ulum Sumberjokidul, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro pada Sabtu (11/1/20) mengadakan Seminar Parenting dengan tema “Pola Asuh Anak yang Benar ketika berada di Rumah”.

Senagai narasumber tunggal dalam agenda ini adalah M. Yahya Konsultan Pendidikan dari Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan sendiri terlaksana berkat kerja sama pengurus Paguyupan Wali Murid dan pihak Madrasah yang diikuti lebih dari 150 orang wali murid RA dan MI Fathul Ulum Sumberjokidul.

Masyhudi sebagai Kepala MI Fathul Ulum Sumberjokidul dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seminar parenting ini sudah ke tiga kalinya.

“Dengan parenting ini, kita berharap agar orangtua wali mampu menerapkan pola asuh yang tepat ketika mereka berada dirumah. Dan, alhamdulillah kita tetap istiqomah mengadakan kegiatan kayak gini setiap tahunnya,”ungkap Kepala MIFU ini.

Sementara Drs. M. Yahya dalam paparannya menyampaikan banyak hal, mulai dari peran menjadi orangtua itu bukan sesuatu yang mengalir begitu saja hingga cara memahami karakteristik anak.

Yahya menuturkan bahwa pola asuh anak secara tepat harus mulai diterapkan sejak si anak masih berusia dini.

“Kalau pola asuh yang diterapkan sejak si anak masih kecil sudah tepat, pasti kedepannya si anak tersebut dapat menjadi anak yang tumbuh dengan baik,” tuturnya.

Yahya juga menekankan semua pola asuh yang paling tepat haruslah didasari dari memahami karakteristik anak.

“Orangtua bisa lebih mantap lagi dalam mengasuh anak, bila mereka sendiri memahami karakteristik anaknya. Sehingga kebutuhan dan pola pengasuhan bisa disesuaikan dengan karakteristik anak itu sendiri,” terangnya.

Salah seorang wali murid MI Fathul Ulum Sumberjokidul, Kholiq (30 tahun) dirinya mengaku senang dan antusias mengikuti seminar parenting ini.

“Seminar parenting seperti ini sangat dibutuhkan oleh orangtua, agar kita juga belajar dan menyadari kesalahan dalam pengasuhan anak,”katanya. (JN)

Comment