Ujian Bakal Calon Kepala Desa Digelar Hari Ini.

BOJONEGORO – Sebanyak 58 peserta bakal calon kepala desa gelombang III, hari ini mengikuti ujian tulis yang digelar di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Tes tulis ini dilakukan untuk desa yang memiliki calon kepala desa lebih dari 5 pendaftar.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 13 Tahun 2015 dan Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 29 Tahun 2019 tentang Tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 13 Tahun 2015 tentang Kepala Desa, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2019.

“Sebelumnya proses seleksi sudah dilakukan, dalam pelaksanaan seleksi ini didasarkan pada 4 kriteria, pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan, usia, tingkat pendidikan dan seleksi ujian tulis”, ujar Kabid Bina Pemerintahan Ira Madda Z.

Soal ujian tertulis dibuat oleh Tim Pilkades Serentak Kabupaten dan dibuat Selasa 4-2-2020. Untuk menghindari kebocoran soal ujian tertulis ini, selama pembuatan soal para pembuat soal dikarantina di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro. Ujian tertulis dilaksanakan di Gedung DPMD Bojonegoro, Jalan Panglima Sudirman Bojonegoro lantai II, mulai pukul 08.00 WIB.

Tes tulis ini penjagaannya sangat ketat, tidak semua orang boleh masuk ke ruangan saat ujian berlangsung, selain itu juga dilarang memfoto, peserta juaga dilarang membawa peralatan komunikasi atau sejenisnya selama ujian tulis ini berlangsung. Koreksi tes tulis ini akan dilakukan hari ini juga, dimana tim pengoreksi berasaal dari tim internal DPMPD, tiap desa akan diambil 5 calon dengan nilai terbaik.

Delapan desa dengan bakal calon lebih dari lima yaitu :

  • Desa Tembeling Kecamatan Kasiman dengan 6 Bacakades
  • Desa Sekaran Kecamatan Kasiman 8 dengan Bacakdes.
  • Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan dengan 6 Bacakades
  • Desa Glagahwangi Kecamatan Sugihwaras dengan 7 Bacakades.
  • Desa Tengger Kecamatan Ngasem dengan 7 Bakal calon Kades (Bacakades).
  • Desa Wadang Kecamatan Ngasem dengan 8 Bacakades.
  • Desa Kuniran Kecamatan Purwosari dengan 6 Bacakades.
  • Desa Banjarjo Kecamatan Padangan 6 Bacakades.

(AR)

Comment