Sudetan Kali Gandong Desa Kedung Sumber Temayang Selesai Akhir Februari 2020.

BOJONEGORO – Pengerjaan sudetan kali Gandong Desa Kedung Sumber Kecamatan Temayang terus dikebut, karena semua perijinan dan persyaratan administratif terkait Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) telah selesai.

Sudetan kali Gandong ini sepanjang 800 km, lebar dasar galian 10 meter, dan volume total 187,294,10 m kubik, Perlu diketahui, proyek sudetan kali Gadong ini dikerjakan sendiri (Swakelola) oleh Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Kabupaten Bojonegoro dengan meggunakan alat berat sendiri.

Sebanyak 6 alat berat dikerahkan untuk menyelesaikan pekerjaan ini, namun kondisi cuaca yang kadang kurang bersahabat membuat pengerjaannya terkendala, “secepatnya sudetan kali gadong ini akan diselesaikan” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Kabupaten Bojonegoro, Ir. Tedjo Sukmono.

Pengerjaan sudetan kali gadong ini mulai dikerjakan pada akhir juli 2019, dan sampai dengan akhir januari 2020 progresnya mencapai + 80%. Di perkirakan akhir bulan Februari 2020 pengerjaanya selesai”.

“Sudetan kali Gadong ini ditarget akhir bulan Februari 2020 bisa selesai, dan diharapkan warga Desa Kedung Sumber terbebas dari banjir bandang yang setiap tahun menerjang”, pungkasnya.

Proyek sudetan ini merupakan rekomendasi untuk mitigasi bencana banjir bandang yang sering terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) kali Gandong, khususnya di Desa Kedung Sumber Kecamatan Temayang.

Masyarakat berharap, agar pengerjaan ini cepat selesai karena sudah musim penghujan, dan dengan adanya rekayasa sudetan ini desa mereka tidak diterjang banjir bandang lagi. (AR)

Comment