Pemkab Bojonegoro Gelar Bimtek Corak Budaya, Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif.

BOJONEGORO, Wartaku.Id – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar acara pelatihan dan bimbingan teknis. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Pelaku Ekonomi Kreatif dalam sektor Kriya Corak Budaya.

Acara yang digelar di Gedung Serbaguna pada Rabu, 7 April 2021 dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro beserta Sekretarisnya, 4 naraumber yang berkompeten dalam bidangnya dan para pelaku ekonomi kreatif Bononegoro.

Bimtek ini merupakan program lanjutan dari workshop peningkatan industri kreatif pada corak budaya thengul yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Budiyanto menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari workshop tahun lalu, dan bertujuan untuk mengevaluasi apakah yang didapat tahun lalu diaplikasikan dengan maksimal.

“Tujuan kita adalah mengevaluasi, apa yang sudah didapat bisa diaplikasikan oleh pelaku ekonomi kreatif. Setelah diaplikasih hari ini dan besok kita tingkatkan kapasitasnya baik kapasitas produk, kualitas dan SDM pelakunya”, tutur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro.

Lebih lanjut, Budiyanto menambahkan bahwa dari hasil evaluasi ini diketahui bisa membuat produk tetapi dalam pengemasan masih kurang menarik minat pembeli, atau dalam kesulitan dalam marketing.

“Dari hasil evaluasi, bawasanya kita bisa membuat produk tetapi kemasan kurang menjual atau sudah punya produk dan kemasannya bagus tetapi tidak punya pasar atau marketingnya tidak jalan”, tambah Budiyanto.

Dalam Bimtek tersebut diharapkan selain peningkatan bagaimana berkriya dengan corak khas Bojonegoro yaitu Thengul juga dapat menambah pengetahuan atau wawan bagaimana dengan management pemasaran.

“Sehingga dari satu master Thengul ajaib itu bisa dikembangkan jadi bermacam-macam produk. Dan kita bisa mengontrol sejauhmana komunuitas souvenir bercorak khas Bojonegoro”, harapnya. (Ayu/Red)

Comment