Tertarik Dengan Penampilan Barongsai, Warga Bojonegoro Penuhi Klenteng.

BOJONEGORO – Ratusan warga mengikuti perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kelenteng Hok Swie Bio Kabupaten Bojonegoro. Tak hanya warga Tionghoa, banyak pula penduduk pribumi yang hadir untuk menyaksikan pertunjukan barongsai di halaman kelenteng.

Warga sudah memadati kawasan tempat ibadah di Jalan Jaksa Agung ini sejak pagi. Gemuruh suara simbal dan genderang beriringan dengan sorak sorai warga yang menyaksikan barongsai.

Penampilan Barongsai Hok Swie Bio Bojonegoro

Terdapat dua kelompok seni barongsai yang unjuk kebolehan memamerkan beragam atraksi. Setiap kelompok tampil dengan durasi sekira 10 menit, dengan diakhiri atraksi puncak berupa penampilan liang-leong.

“Saya beserta keluarga sengaja datang kesini untuk menyaksikan barongsai” ujar Nur Laila Warga Ngumpakdalem, Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (25/1/2020).

Meski kedatangannya bukan untuk beribadah di kelenteng, namun dia mengaku untuk melihat satu-satunya Kleteng di Kota Ledre ini. Menurutnya, perayaan Imlek juga bermakna untuk menumbuhkan kerukunan antar etnis maupun agama.

“Seperti yang ada sekarang ini kan malah lebih banyak warga pribumi. Jadi meski bukan Tionghoa kita juga ikut merayakan Imlek,” lugasnya.

Penampilan Barongsai di Klenteng Hok Swie Bio menarik banyak warga.

Hal senada juga diungkapkan oleh Muhammad Fatoni. Pria asal Kecamatan Balen ini juga sengaja datang ke Klenteng Hok Swie Bio untuk menyaksikan atraksi barongsai bersama anak dan istrinya.

“Sudah dari tadi mas, sekitar pukul 08:90 Wib tadi dan sengaja memang datang kesini untuk menghibur anak,” pungkasnya.

Penampilan Barongsai di Klenteng Hok Swie Bio.

Pantauan di lokasi, banyak umat Tridharma yang beribadah sebagai ungkapan syukur sekaligus harapan untuk menyambut tahun baru. Tak hanya dari sekitaran Kota saja, ada beberapa warga dari berbagai luar daerah yang turut menyalakan dupa untuk menghormati para dewa. (JN)

Comment